Tuesday, January 22, 2013

Manfaat Roti dengan Ragi Alami....


Roti dengan ragi alami hanya menggunakan mikroorganisme bermanfaat yang berasal dari bahan2 alami, bukan yeast buatan. Roti yang difermentasi secara alami 100% sehat karena tidak memerlukan bahan tambahan buatan. Yeast liar dalam ragi menggunakan glukosa serta memproduksi karbondioksida , alkohol aromatik dan asam asam organik. Proses ini disebut "fermentasi". Zat zat tersebut memberi aroma dan rasa yang kaya sehingga tidak perlu penambahan bread improver , bahan kimia tambahan atau ragi komersial. Jika bahan masih segar dan ada cukup waktu, semua mikroorganisme dalam ragi akan bekerja dengan sendirinya.

Berikut ini manfaat roti dengan ragi alami .
1. Mudah dicerna :
Selama proses fermentasi, berbagai mikroorganisme mengubah senyawa pada roti menjadi senyawa sederhana yang mudah dicerna.
2. Membentuk tekstur yang empuk.
Berbagai macam mikroorganisme dapat menghasilkan pelembab seperti trehalose yang dapat menghambat retrogradasi pati pada roti sehingga keempukan roti menjadi lebih tahan lama.
3. Umur simpan yang panjang tanpa pengawet
Berbagai mikroorganisme meningkatkan keasaman dan menghasilkan senyawa antibakteri pada adonan sehingga roti dapat  disimpan lebih lama.
4. Kaya akan rasa dan aroma
Selama proses fermentasi, berbagai metabolit dari mikroorganisme memberikan rasa dan aroma yang unik dan beragam.
5.Menyehatkan
Selama proses fermentasi banyak enzim2 bermanfaat yang baik untuk kesehatan dihasilkan. Para ahli telah melaporkan bahwa mikroorganisme 2 dalam roti yang difermentasi secara alami sangat efektif sebagai antikolesterol, antikanker, dan antioksidan.

Semoga bermanfaat bagi para pembaca ......

Article diambil dari buku karangan Sanjin Ko

1 comment:

  1. Ibu, saya senang beresperimen dengan roti dan sangat setuju dengan anda, Tetaplah menulis pasti bermanfaat. Hormat saya Bluder Lourdes

    ReplyDelete