Tuesday, January 15, 2013

Lemari Fermantasi buatan sendiri ...

Saya posting ini untuk bahan pertimbangan teman2 yang ingin berbisnis roti dan belum bisa beli lemari proofing yang bagus bisa gunakan ide saya yaitu saya bikin rak yang berbentuk kotak seperti lemari tetapi semuanya hanya rak2 saya , dengan besar disesuaikan dengan loyang yang akan kita taruh disana nantinya . Terus dicover dengan plastic transparan sesuai besaran lemarinya dan diberi resleiting depannya untuk membuka dan menutup rak tsb. Nanti kalau rotinya sudah dalam proses fermantasi terakhir , dan sudah dioles permukaannya dengan susu dan telur bisa dimasukkan dilemari teb dan dilantai dibawah lemari ditaruh sepanci air panas yang tutupnya dibuka separo dan lemarinya ditutup rapat, jadi panas dari air panci tadi akan naik keatas dan menjadikan roti mengembang .....
Ini photonya ...




13 comments:

  1. Assalamualaikum bu aisyah..
    Kebetulan sekali saya sedang mencari ide membuat tempat prooving yg mudah. Dari tulisan ibu saya jadi terinspirasi. Tp karena saya hanya membuat roti skala kebutuhan rumahan maka saya adaptasi cara ibu dg memakai oven tangkring saya. Alhamdulillah proovingnya bagus.. Terimakasih.

    ReplyDelete
    Replies
    1. bisa ya bu oven tangkring dibuat jd tempat tangkring. gmn caranya bu

      Delete
  2. Matur nuwun infonya ibu, kebetulan saya lagi berupaya bikin proofer manual. Kira2 kalau bawahnya dikasih rice cooker utk masak airnya gimana ya ibu?

    ReplyDelete
    Replies
    1. dan lemarinya dari kaca bisa nggak ya?

      Delete
    2. This comment has been removed by the author.

      Delete
  3. assalamuallaikum buk saya dari mahasiswa teknik elektro uin suska riau. saya tertarik dengan mesin pengembang roti ini, saya mau bertanya apa yang menjadi permasalahan pada saat pengembangan adonan roti ?

    ReplyDelete
  4. Ide bagus, jika penguapan pakai heater atau pemanas listrik yang dimasukkan kedalam panci kira kira berhasil tidak ya? Jika dilihat dari cara kerja mesin proofer lebih ke penguapan.

    ReplyDelete
  5. Ide bagus, jika penguapan pakai heater atau pemanas listrik yang dimasukkan kedalam panci kira kira berhasil tidak ya? Jika dilihat dari cara kerja mesin proofer lebih ke penguapan.

    ReplyDelete
  6. mohon maaf sebelumnya buk, dalam tugas akhir saya rencana pembuatan alat proofing ini, tapi saya terkendala pada data suhu dan kelembaban yang bagus buat proses proofing. soalnya saya tidak menemukan penelitian yang pada proses proofing itu. mohon sumbernya buk untuk suhu dan kelembabannya terimakasih

    ReplyDelete
  7. Kalau pakai rak besi bisa tdk bu?

    ReplyDelete
  8. Kalau pakai rak besi bisa tdk bu?

    ReplyDelete