Tuesday, January 22, 2013

Apa itu Ragi Alami......

 Artikle diambil dari buku "Roti Sehat dan Lezat dengan Ragi Alami " karangan SangjinKo

Umumnya dalam proses pembuatan roti kita menggunakan pengembang instan /fermipan yang tersedia dipasaran . Fermipan merupakan yeast yang diproduksi dengan penambahan bahan kimia. Sebenanya yeast banyak terdapat pada buah2an, sereal  dan sayur, sehingga akan lebih baik kalau kita memanfaatkan bahan2 oraganik tersebut untuk membuat roti. Ketika kita membeli buah2an kemudian lupa dikonsumsi pada ahirnya buah akan terasa asam (seperti beralkohol), hal tersebut merupakan bukti keberadaan yeast pada buah2an. Yeast akan memecah karbohidrat pada buah menjadi gula dan alkohol. Selain yeast juga terdapat mikroorganisme lain yang bermanfaat pada proses pemanggangan.

Pertama2 kita perlu membuat ragi yeast liar untuk memproduksi roti fermentasi alami. Yeast dan bakteri alami biasanya selalu ada dalam kebanyakan makanan seperti buah2an, sayuran dan sereal. Ragi juga dapat dibuat dari tanaman herbal dan bunga. Anda dapat memilih bahan untuk ragi sesuai dengan keringinan anda.

Membuat rpti dirumah sangat mudah dilakukan. Anda hanya perlu mencampurkan bahan2 alami seperti buah2an dan sereal dengan air lalu biarkan dalam suhu ruang selama beberapa hari. Yeast dan bakteri yang bermanfaat akan bekerja menghasilkan ragi yang baik. Gunakan ragi ini untuk membuat roti, tidak dengan tambahan ragi komersial. Selama fermentasi dalam waktu cukup., mikroorganisme2 dalam ragi mengubah adonan menjadi senyawa2 yang mudah dicerna, serta membuat roti menjadi kaya rasa dan aroma.

No comments:

Post a Comment